Selasa, 29 Juni 2010

MEAT DESA WISATA YANG TERPURUK


Desa Meat yang terletak di pinggiran danau Toba Kecamatan Tappahan Kabupaten Toba Samosir ini memang layak jadi daerah wisata dilihat dari panorama lingkungan dan posisi letak pemukiman penduduk yang berjumlah 163 Kepala Keluarga tersebut, namun dambaan tersebut hanya isapan jempol belaka.
Menurut Kepala Desa Meat Pantur Marpaung ketika tim berkunjung ke desa ini, menyatakan keprihatinan dan ketidak-berdayaannya membangun dan meningkatkan pembangunan dan memfasilitasi desanya agar dapat menuju desa wisata yang otomatis menambah pendapatan desa atau daerah. Beliau mengatakan apalah daya seorang Kepala Desa, apalah yang dapat saya perbuat membangun desa ini. Seumpama pemerintah mengarahkan pembangunan ke desa ini, misalnya membuat anggaran untuk memfasilitasi semua sektor yang indah sesuai Sumber Daya Alam yang dimiliki desa kami ini. Memang dulu di masa Bapak Sahala Tampubolon menjabat Bupati Toba Samosir pernah berjanji akan menjadikan desa Meat jadi desa wisata, ternyata setelah Bupati berganti, yang dijabat Bapak Monang Sitorus, semua janji dan program itu hanya jadi mimpi bagi kami penduduk desa Meat”.
Memang ditinjau dari situasi dan panorama desa Meat yang indah, mudah mengarahkan desa ini jadi desa wisata. Bila memandang secara imaginasi, memang desa Meat layak dijadikan desa wisata, yang penduduknya juga ramah-tamah sangat mendukung bagi setiap pengunjung yang datang berkunjung ke desa ini, seumpama desa ini dibangun secara bertahap dengan biaya sederhana tiap tahun otomatis Kecamatan ini citranya akan terangkat walaupun Kecamatan Tappahan baru mekar di Kabupaten Toba Samosir.
Memang bila semua elemen yang berpotensi bergandeng tangan membangun desa-desa di Kecamatan ini mulai dari Kepala Desa sampai ke Camat, semua sudut daerah sampai ke pelosok akan mendapat perhatian yang serius. Camat Tappahan B Lumbantoruan seyogianya menggali kekayaan alam yang terpendam di daerah ini agar dapat meningkatkan citra desa dan Kecamatan ini khususnya dan Kabupaten Toba Samosir umumnya. Dan pantai Meat tidak terabaikan dan menjadi perawan tua tanpa jamahan dari semua pihak dan elemen yang berkompeten di daerah ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar