Kamis, 21 Oktober 2010

HUT ke 65 TAPUT



* Jhony Allen: “Takkan ada pembentukan propinsi lain di Indonesia, sebelum Protap terwujud”
Masyarakat Tapanuli Utara ( Taput ), cukup jelas mendengar penjelasan salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Pusat Jhony Allen Marbun mengatakan: “Tidak akan ada pembentukan Propinsi di Indonesia sebelum Provinsi Tapanuli terwujud” Di lapangan upacara Tanah Lapang Serba guna Tarutung, dalam acara itu turut hadir beberapa Bupati Kabupaten tetangga di antaranya : Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing M.Si. Bupati Kabupaten Samosir Ir. Mangindar Simbolon MM, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu serta wakil Walikota Sibolga dan seluruh petinggi Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa 05 /10.
Menurutnya, Propinsi Tapanuli wajar dibentuk karena mempunyai tujuan yang baik yaitu pembangunan daerah dan masyarakat sejahtera sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat.
Pernyataan tersebut langsung mendapat sambutan dari masyarakat dan para peserta Upacara di tengah kehadiran para kepala daerah diantaranya ; Bupati Tapanuli Utara Torang Lumbantobing, wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Wakil Walikota Sibolga Marudut Situmorang, Bupati Humbang Hasundutan Drs Maddin Sihombing Msi, Bupati Kabupaten Samosir Ir Mangidar Simbolon MM serta unsur pimpinan pejabat teras Tapanuli Utara ( Taput ) wakil bupati Taput Bangkit P Silaban, Kapolres Taput AKBP IGK Wijatmika, Ketua DPRD Taput FL Fernando Simanjuntak, SH MH, Sekdakab Taput Drs Sanggam Hutagalung MM, Kejari Taput, Salamat Simanjuntak SH MH, Ketua Pengadilan Taput Gosen Butarbutar serta DANDIM 0210/TU Letkol Inf Habzen Sianturi serta para Anggota DPRD Taput serta Tokoh masyarakat.
Dalam acara itu Bupati Taput Torang Lumbantobing dalam sambutannya : “Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara Mengucapkan, SELAMAT HARI JADI KE 65 TAHUN Seiring dengan kematangan usia semoga akan selaras dengan kemampuan membangun dan membawa peningkatan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.
65 tahun yang lalu terbentuk kabupaten ini, luhur masyarakat punya cita- cita bukan sekedar membentuk wilayah dan Pemerintahan, Kabupaten semata melainkan lebih dari itu cita – cita yang dimaksud adalah : untuk mempercepat pelayanan administrasi Pemerintahan, pembangunan dan membawa masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan juga kemandirian di persada bona pasogit yang kita cintai ini”. Tuturnya.

Seiring dengan acara itu bupati Taput Toluto Panggilan akrab tidak lupa mengucapkan atas Nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mantan Bupati Dan Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, kiranya pengabdian dan hasil Karya berharga yang diberikan kepada daerah ini merupakan sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita untuk meneruskan dan mewujudkan cita –cita luhur masyarakat Taput ini. Beliau menegaskan peringatan hari jadi akan diperingati setiap tahunnya, sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya.
Selanjutnya pada kesempatan itu bupati menginformasikan bahwa dalam rangka peningkatan produktivitas padi sawah di kabupaten tapanuli utara, selaras dengan program Peningkatan Produksi Beras Nasional ( P2BN ) tahun 2010, kabupaten Taput memperoleh bantuan langsung pupuk organic dan cair sebanyak 1700 ton dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia serta meningkatkan pendidikan adalah prioritas utama, baik penambahan sarana dan prasarana juga mobiler tetapi akan tetap meningkatkan infrastruktur perbaikan jalan yang rusak juga pembukaan jalan baru sehingga seluruh masyarakat dengan mudah melakukan mobilitas dan aktivitas antar desa bahkan sampai ke kota.
Bupati menambahkan dalam rangka meningkatkan promosi wisata, perekonomian juga peningkatan pemasaran produk- produk pertanian, kabupaten Tapanuli Utara telah mengambil langkah menandatangani kesepakatan mou ( Nota Kesepahaman) antara PT Wings AIR bersama dengan Kabupaten tetangga, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba Samosir, tentang pembukaan rute penerbangan Bandara Silangit – Bandara Polonia Medan dengan kapasitas tempat duduk 72 orang dan direncanakan dua kali seminggu, penerbangan perdana Jumat 8 Oktober 2010 lalu sehingga masyarakat yang datang juga keluar sudah sangat mudah. serangkaian dengan acara HUT 65 Tahun Taput Bupati Tapanuli Utara memberikan motivasi kepada generasi muda yang berbakat sebagai penerus Bangsa dan Daerah agar meningkatkan kwalitas dan sportifitas juga Prestasinya di bidang olah raga sehingga di kemudian hari semakin membaik sudah pasti membawa harum Negara dan Daerah kita ini ke berbagai penjuru.
Pantauan wartawan di lapangan masyarakat beduyun-duyun datang dari pelosok untuk menghadiri pameran hasil pertanian dan potensi daerah antara lain ubi, nenas dan belerang yang ditimbulkan air panas yang ditimbulkan salah satu gunung berapi yang ada di Taput yaitu sudah sangat terdengar ke berbagai daerah.
(Liputan: Romulus Simbolon, Seorang Wartawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar